Sabtu, 13 Februari 2010

Huruf “S” di Dada Superman

Lambang berupa huruf “S” di dada Superman, boleh jadi merupakan lambang paling terkenal sedunia, karena lambang itu melekat pada sosok superhero paling terkenal seantero jagat. Superman—siapa yang tak kenal orang ini…? Dari anak-anak, remaja, sampai orangtua sedunia, hampir dapat dipastikan mengenal sosoknya, atau setidaknya mengenal namanya.

Nah, kalau orang ditanya mengenai arti lambang huruf “S” yang ada di dada Superman, hampir dapat dikatakan kalau 9 dari 10 orang, atau bahkan 10 dari 10 orang, akan menjawab bahwa huruf “S” tersebut adalah singkatan atau huruf awal nama “Superman”. Saya sendiri dulu juga berpikir seperti itu. Tetapi, benarkah seperti itu kenyataannya…?

Huruf “S” di dada Superman ini mengusik-usik pikiran saya, karena semakin saya pikirkan, semakin terlihat ketidaksinkronan antara huruf “S” itu dengan karakter Superman.

Ingat, Hollywood adalah “monster” yang sangat perhatian terhadap detail. Karenanya, lambang “S” yang ada di dada Superman itu pun pasti hasil kerja yang sangat detail—hasil pemikiran yang sangat detail. Sekarang kita akan lihat betapa huruf “S” itu merupakan KESALAHAN BESAR jika dianggap sebagai singkatan atau nama depan Superman.

Dalam bahasa universal, “Superman” diartikan sebagai “Manusia Super” atau manusia yang memiliki kekuatan luar biasa. Orang-orang sedunia tidak ada yang keberatan dengan nama tersebut, karena kenyataannya sosok superhero bernama Superman itu memang memiliki kekuatan luar biasa dahsyat.

Tetapi sekarang kita lihat karakter sosok superhero ini. Baik ketika menjadi Clark Kent ataupun menjadi Superman, orang ini sangat rendah hati. Dalam berbagai seri filmnya, Clark Kent atau Superman tidak pernah menunjukkan kecenderungan angkuh atau upaya membanggakan diri. Dia juga tidak pernah menggunakan kekuatannya untuk tujuan yang menguntungkan diri sendiri. Pendeknya, Superman adalah sosok superhero dalam arti sesungguhnya—orang hebat yang tidak menjadi angkuh karena kehebatannya.

Berdasarkan kenyataan sifat dan karakternya yang seperti itu, mungkinkah sosok ini menyebut dirinya sendiri sebagai “Si Manusia Super”? Rasanya tidak mungkin sosok yang sedemikian humble seperti Clark Kent menyebut dirinya sendiri “Superman”. Jadi, dari mana penyebutan atau nama “Superman” itu berasal? Jawabannya menjadi jelas; nama itu adalah sebutan yang diberikan masyarakat kepada sosok superhero ini!

Nah, ketika sampai di sini, pikiran saya terus-menerus terusik-usik.

Kalau memang nama “Superman” adalah nama yang diberikan masyarakat—dan bukan nama yang sengaja dibuat atau diciptakan Clark Kent sendiri—lalu apa maksud huruf “S” di dada Superman itu? Sekali lagi, Clark Kent tidak mungkin melakukan hal semacam itu. Mengingat karakternya, dia tidak mungkin sengaja melekatkan huruf “S” itu di dadanya sebagai atribut superioritasnya. Jadi, apa sesungguhnya makna huruf “S” itu…???

Jawabannya baru saya temukan dalam film Superman The Movie yang diproduksi tahun 1978. Pada adegan-adegan awal film itu digambarkan ilmuwan Jor El (ayah Clark Kent) mengungkapkan bahaya yang dihadapi planet Crypton pada Dewan Crypton (Crypton Council). Nah, setiap anggota dewan yang berkumpul di acara itu menggunakan lambang-lambang di dada mereka. Dan lambang yang digunakan oleh Jor El adalah lambang sama seperti yang digunakan Superman di dadanya!

Jadi, lambang yang menyerupai huruf “S” di dada Superman itu bukanlah huruf awal atau singkatan dari nama Superman, melainkan lambang keluarga El dalam aksara Crypton!

Apa makna analogi yang cukup panjang lebar ini? Tidak lain hanya ini: Sesuatu yang melekat pada diri seseorang belum tentu sesuai seperti yang kita bayangkan!

 
;