Kamis, 20 Mei 2010

Buat Teman-teman, nih…



Pertama-tama (yup, jadi ingat sambutan politikus) saya atas nama penulis, pemilik dan pengelola blog ini, mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas semua email, komentar atau celoteh apapun yang telah dikirimkan ke alamat email saya. Oke, ini mungkin terdengar tidak penting, tetapi saya ingin kalian tahu bahwa beberapa hari ini inbox email saya sudah hampir meledak karena banyaknya email yang masuk—dan saya benar-benar berterima kasih atas respon kalian yang luar biasa.

Dua hari kemarin saya benar-benar tidak melakukan apa-apa selain membaca email kalian satu persatu, mempelajari dan menikmatinya. Karenanya, melalui posting kali ini, saya ingin memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan penting kalian.

Mengenai komentar untuk setiap post di blog ini—sekali lagi saya ingin menyatakan bahwa saya sengaja meniadakan komentar dari pembaca atau pengunjung blog ini. Penjelasan mengenai hal ini sudah saya tuliskan di post berjudul Blog yang Hening. Jadi buat teman-teman yang ingin sekali berkomentar untuk post yang saya tulis di sini, silakan kirimkan komentar langsung via email.

Pertanyaan lain—mengapa ada tanggal posting yang sama? Salut untuk yang memperhatikan hal ini. Saya memang blogger yang malas. Terkadang saya memang tidak memposting tulisan setiap hari atau satu post perhari. Ada kalanya saya memposting beberapa post sekaligus untuk beberapa hari ke depan. Biasanya itu dikarenakan saya ada kegiatan lain yang tidak memungkinkan saya online, sehingga saya menyiasatinya dengan memposting beberapa tulisan sekaligus untuk beberapa hari ke depan.

Karenanya, untuk membaca semua posting yang ada di blog ini dalam setiap bulannya, jangan perhatikan posting utama saja, tapi perhatikan juga judul-judul post yang ada di side bar (halaman samping) untuk memastikan kalian sudah membaca semua post yang ada dalam setiap bulan. Intinya, saya akan berusaha melakukan posting sejumlah hari dalam satu bulan berjalan—meski tidak teratur setiap hari.

Kemudian mengenai usulan kalian agar saya banyak-banyak bikin post soal belajar menulis—don’t worry! Sepertinya ini nih permintaan terbanyak menyangkut posting. Oke, saya akan usahakan untuk memenuhi permintaan ini, dan juga akan berupaya untuk membahas setiap pertanyaan yang telah masuk. Saat ini sudah banyak sekali pertanyaan seputar kepenulisan yang masuk lewat email, dan saya berencana untuk menjawab serta membahasnya satu persatu di blog ini. Jadi tunggu saja.

Betewe, pertanyaan-pertanyaan seputar dunia kepenulisan yang saat ini sudah masuk juga sepertinya sangat variatif dan menyentuh banyak hal, sehingga nantinya dapat menjadi seri posting yang menarik untuk dipelajari. Sekali lagi, oke, saya akan memenuhi permintaan ini, dan nantinya kita akan belajar bersama all about writing di blog ini. Dari cara menulis, hal-hal yang berhubungan dengan dunia kepenulisan, kisah tentang buku dan para penulis, sampai soal penerbitan dan banyak hal lainnya. I promise. Ini akan menjadi pengalaman belajar yang pasti akan mengasyikkan!

Terus…apa lagi ya? Oh ya, ada banyak teman yang bilang kalau post-post di blog ini sering ‘dikopi-paste’ di tempat lain, entah di blog, di notes Facebook dan lain-lain. Untuk hal yang satu ini…saya harus bilang apa…?

Buat teman-teman yang mengkopi post-post di blog ini untuk ditampilkan di tempat lain, saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan kalian. Kenyataan bahwa kalian membawa catatan saya untuk dibaca di tempat lain adalah bukti kepercayaan kalian kepada saya—dan, sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih untuk itu. Hanya saja, agar pembaca setia blog ini tidak bingung, dan agar kalian juga lebih nyaman, tolonglah untuk menyebutkan sumber post yang kalian salin itu. Kalian tidak perlu memberikan link ke blog ini—cukuplah cantumkan nama blog ini sebagai sumbernya. Oke, pal…?

Kemudian, berbagai masukan dan saran kalian untuk isi posting—wah, kalau ini agak repot untuk memenuhinya secara cepat. Seperti yang pernah saya tuliskan di post beberapa waktu yang lalu, ternyata pembaca blog ini sangat beragam—dari berbagai usia, dari anak-anak SMA sampai bocah-bocah yang sedang melanjutkan S2. Karena beragamnya pembaca, maka tentunya permintaan yang masuk pun jadi beragam pula. Sepertinya saya tidak akan mampu jika harus memenuhi semuanya, apalagi secara cepat.

Jadi, begini saja. Saya akan berupaya untuk menjawab dan membahas setiap pertanyaan kalian yang masuk ke email saya, namun saya akan membahasnya dengan gaya seperti biasa—tidak terlalu rumit, tapi juga tidak terlalu menggampangkan. Oke? Sepakat ya…? Bagus! Hehe…

Lanjut lagi. Bagi teman-teman yang selama ini sudah banyak memberikan masukan, saran dan juga pertanyaan lewat email—jawabannya tak jauh beda dengan yang di atas. Saya akan berupaya memenuhi semua permintaan kalian di blog ini, tetapi tolong bersabarlah, karena tentunya semuanya harus antri. Saya juga harus memilah-milah mana-mana topik atau pertanyaan yang harus secepatnya dibahas dan mana yang sekiranya bisa ditunda—ya, ya, tentu saja ini subjektif, dan (kalau boleh jujur) juga tergantung mood saya. Hehe lagi…

Terakhir, dan ini adalah KABAR GEMBIRA buat kita semua, aduh…saya jadi agak deg-degan nih… Blog ini akan dibukukan! Saya ulangi, BLOG INI AKAN DIBUKUKAN…!

Pada mulanya, ide ini juga datang dari teman-teman yang sudah ‘gemas bukan main’ dengan post-post kontemplatif di blog ini dan meminta agar saya membukukannya biar lebih mudah dibaca dan dipelajari.

Oke, sekarang permintaan kalian ini pun sudah hampir terpenuhi. Saya sudah menulis ulang post-post kontemplatif di blog ini, dan menyusunnya menjadi sebuah buku yang bisa dibaca dan dinikmati secara utuh. Saya juga melengkapi naskahnya dengan catatan-catatan kontemplasi lain yang sama sekali belum pernah diposting di blog ini. Saat ini Penerbit Elex Media Komputindo (Kompas-Gramedia Group) sudah siap untuk menerbitkannya. Nanti, seperti biasa, sampul dan sinopsis bukunya akan saya posting di sini kalau bukunya sudah terbit.

So, buat teman-teman semua, sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih, matur nuwun, horas, ya’ahowu, muchas gracias, namaste, syukron katsir, kamsia, thank you...!!!


 
;