Jumat, 04 Juni 2010

Sonata in C Major



Kalau hari ini ada seorang penyelam laut mengatakan kepadamu bahwa dasar laut itu begitu indah, apa pendapatmu?

Ada beberapa kemungkinan.

Kemungkinan pertama, kau akan percaya dengan apa yang disampaikan penyelam laut itu, dan kau pun ikut meyakini bahwa dasar laut memang indah. Kepercayaanmu pada fakta itu bisa saja muncul karena kau juga seorang penyelam laut, atau kau sebelumnya pernah mendengar bahwa dasar laut memang indah.

Kemungkinan kedua, kau ragu-ragu. Keragu-raguan terhadap keindahan di dasar laut itu timbul mungkin karena selama ini kau hanya hidup di daratan, jauh dari laut, dan selama itu kau belum pernah mendengar apalagi melihat keindahan di dasar laut. Keragu-raguan terhadap fakta itu terkadang membuatmu menjadi percaya atau juga tidak percaya sama sekali.

Kemungkinan ketiga, kau langsung tidak percaya pada fakta bahwa dasar laut itu indah. Ketidakpercayaanmu pada fakta itu muncul karena selama ini kau telah melakukan pemenjaraan pribadi terhadap dirimu sendiri. Tanpa kau sadari, selama ini kau telah mengurung dirimu sendiri dalam tempurung kehidupan dan sama sekali tidak mau menjenguk kehidupan di luar dirimu. Kau begitu asyik dengan dirimu sendiri, kau terlena dengan kesibukan hidupmu sendiri, kau terbius dengan nilai-nilaimu sendiri, sampai-sampai segala hal di luar dirimu tidak bisa kau terima dan tak bisa kau percayai. Waktu kau mendengar dasar laut itu indah, kau langsung tertawa. Mungkin kau bisa saja berkata, “Bagaimana mungkin ada keindahan di dasar laut? Bagaimana mungkin ada keindahan di dalam genangan air? Itu mustahil!”

Menghadapi orang yang tidak percaya seperti ini, apa yang harus dilakukan oleh seorang penyelam laut untuk membuktikan bahwa dasar laut itu memang benar-benar indah? Apakah harus dengan rekaman video? Nanti bisa saja bukti rekaman video itu dicurigai sebagai rekayasa. Bisa saja film yang terekam oleh video itu dianggap hanya kamuflase atau permainan kamera belaka.

Lalu, apakah harus membuktikan dengan foto-foto? Itu lebih lemah lagi! Foto-foto sekarang bisa direkayasa dengan sangat mudah dengan teknik montase. Satu-satunya cara yang bisa dipakai seorang penyelam laut untuk membuktikan bahwa dasar laut memang indah adalah dengan mengajak orang yang tak percaya itu untuk melihatnya langsung ke dasar laut—atau menenggelamkannya ke dalam laut!


 
;