Rabu, 18 Agustus 2010

Dari Mahabharata sampai Kamasutra



Seperti yang sudah saya janjikan di post terdahulu, berikut ini adalah beberapa pertanyaan lain seputar buku yang sudah dikirimkan teman-teman ke email saya.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang belum muncul, silakan tunggu di post yang lainnya. Hatur nuhun.

***

Sejak dulu saya ingin sekali membaca kisah Mahabharata, juga Ramayana. Sepertinya kedua epos itu sangat terkenal dan banyak dikutip para penulis. Siapa sebenarnya penulis kedua epos besar itu? Apakah buku Mahabharata dan Ramayana juga masuk ke Indonesia dalam bentuk terjemahan?

Epos Mahabharata ataupun Ramayana ditulis oleh orang yang sama, yaitu C. Rajagopalachari. Edisi terjemahannya sudah diterbitkan di Indonesia.


Para kutubuku di dunia saat ini kan lagi hangat-hangatnya membicarakan buku ‘The Man Who Loved Books too Much’. Saya gabung di milis dan sempat ikut ngobrol soal buku ini, tapi masih bingung apa sebenarnya isinya. Nah, apakah edisi terjemahan buku ini sudah masuk ke Indonesia?

Selamat datang di dunia para kutu! ‘The Man Who Loved Books too Much’ memang sedang menjadi buah bibir para kutubuku sedunia. Saya tidak akan menceritakan apa isinya, karena sama saja akan merenggut keasyikanmu saat nanti membacanya. Yang jelas, edisi terjemahan buku itu sudah masuk ke Indonesia. Selamat berburu!


Di post tanya-jawab soal buku terdahulu, kamu sempat menjelaskan soal novel Umberto Eco (The Name of The Rose). Terus, aku dengar kalau novel itu memiliki buku kunci (key-book) yang menjelaskan maksud-maksud tersembunyi Umberto Eco di dalam novel itu. Apa benar begitu? Kalau memang ada buku kuncinya, apakah buku tersebut sudah masuk ke Indonesia (dalam bentuk terjemahan)?

Benar, novel ‘The Name of The Rose’ memang memiliki buku kunci, berjudul ‘The Key of The Name of The Rose’. Edisi terjemahannya sudah masuk ke Indonesia, berbarengan dengan terbitnya edisi terjemahan novel itu.


Saya sangat ingin membaca biografi Che Guevara (jangan diketawain!). Tolong dong kasih rekomendasi buku apa yang paling lengkap dan paling bagus yang mengulas kisah hidup Che Guevara—tentu yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Salah satu buku biografi Che Guevara yang bagus dan cukup lengkap adalah yang ditulis Jorge Castaneda. Edisi Indonesianya berjudul ‘Hidup, Cinta, dan Kematian Che Guevara’. Isi buku ini berimbang dan objektif, dalam arti tidak membesar-besarkan, juga tidak sinis.


Da’, di post tanya-jawab soal buku terdahulu, kamu kan memberi saran untuk mencari buku-buku di pasar Shopping Yogyakarta atau di los buku di pasar Johar Semarang, jika kesulitan mencari buku-buku yang sudah tidak ada di toko-toko buku konvensional. Nah, saya tinggal di Gresik. Bisakah kamu kasih saran, dimana saya dapat mencari buku-buku yang sudah tak tersedia di toko buku konvensional? Misalnya di Surabaya, atau di daerah lain yang dekat dengan Gresik? Karena saya juga sedang mencari beberapa buku yang saat ini sudah tak tersedia di toko-toko buku.

Waduh, untuk daerah sekitar Surabaya, mohon maaf—saya tidak bisa memberikan rekomendasi atau saran. Saya bahkan masih asing dengan Surabaya, jadi benar-benar tidak tahu di daerah mana yang menyediakan buku semacam di pasar Shopping Yogya. Untuk teman-teman di Surabaya atau di Jawa Timur, mungkin ada yang bisa membantu…?


Saya penasaran sekali dengan literatur Kamasutra. Apakah benar literatur Kamasutra ditulis oleh orang India? Apakah literatur Kamasutra sudah diterbitkan dalam bentuk buku? Siapa sebenarnya nama penulis literatur itu? Dan apakah ada edisi terjemahan (Indonesia) atas literatur Kamasutra?

Benar, Kamasutra memang ditulis oleh orang India, bernama Vatsyayana. Buku Kamasutra sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


 
;