Minggu, 03 Oktober 2010

Dan Brown dan lain-lain



Berikut ini beberapa pertanyaan seputar buku dari teman-teman yang sudah ngendon lama di inbox email saya. Buat yang belum muncul, silakan tunggu di post yang lain.

***

Da’, Rhonda Byrne kan menulis buku baru, ‘The Power’, tapi sampai sekarang belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia, ya. Saya rencananya mau beli buku impornya, karena sudah tidak sabar, tapi kenapa oh kenapa harganya muahhaal sekali? Saya lihat di toko buku online harganya mencapai seperempat juta rupiah! Haloo, kenapa buku impor kok harganya mahal sekali…???

Yeah, namanya juga barang impor—kalau harganya mahal tentu wajar, kan? Wong celana dalam impor saja harganya jauh lebih mahal dibanding celana dalam lokal, apalagi buku…?

Omong-omong, saya sendiri juga sedang menantikan ‘The Power’, lho. Halo, penerbit di Indonesia, buruan dong ‘The Power’ dibawa ke sini. Kita sudah tak sabar menikmatinya!


Hei, kita memiliki penulis favorit yang sama. Saya juga penggila novel-novel Dan Brown, dan saya sudah membaca (hampir) semua karyanya. Tinggal satu karya Dan Brown yang belum saya baca, yaitu ‘Angel and Demons’, dan saya benar-benar ingiiiin sekali membacanya. Saya sudah mencari-cari novel itu di berbagai toko, tapi sudah tidak ada yang menyediakan. Apakah memang ‘Angel and Demons’ (edisi terjemahannya) sudah tidak terbit lagi?

Selamat datang di dunia Dan Brown! ‘Angel and Demons’ memang terbit beberapa tahun yang lalu, dan tentunya wajar kalau toko-toko buku sudah kehabisan stok. Saya tidak tahu apakah buku itu masih diterbitkan atau tidak. Ntar saya kirimkan versi ebook-nya ke emailmu. Ebook ini asli produksi penerbitnya di Indonesia, jadi isinya sama persis dengan edisi cetaknya. Selamat membaca!


Masih soal Dan Brown. Menurut kabar yang beredar, novel ‘The DaVinci Code’ ditulis berdasarkan buku berjudul ‘Holy Blood Holy Grail’. Benar begitu ya? Kalau ya, apakah ‘Holy Blood Holy Grail’ juga masuk ke Indonesia? Jika ya, siapa sebenarnya penulis buku itu, dan penerbit apa yang menerbitkannya?

Benar, Dan Brown sendiri mengakui kalau ‘Holy Blood Holy Grail’ menjadi buku yang sangat menunjang risetnya dalam penulisan ‘The DaVinci Code’. ‘Holy Blood Holy Grail’ ditulis oleh Michael Baigent, Richard Leigh, dan Henry Lincoln. Buku itu juga sudah masuk ke Indonesia. Edisi terjemahannya diterbitkan Ufuk Publishing (Jakarta).


Saya suka sekali membaca postingmu yang berjudul Timur dan Barat: Sebuah Catatan. Hanya saja, kenapa penjabarannya singkat sekali (hanya dua seri)? Atau mungkin masih akan ada sambungannya lagi? Saya menyukai catatan itu, karena kamu menyuguhkan hal-hal yang tidak pernah diungkapkan para penulis lain yang juga membahas topik itu. Kalau saya boleh meminta, tolonglah perluas topik itu hingga menjadi beberapa posting lagi. Atau, mungkin lebih baik lagi kalau kamu menulis satu buku khusus yang membahas topik itu, gimana?

Sebenarnya, saya sudah menulis topik itu secara khusus dalam sebuah buku, berjudul ‘The Journey’, diterbitkan Soul Institute pada tahun 2005. Coba cari entri buku itu di perpustakaan kampusmu. Mungkin yang kamu minta di atas akan kamu dapatkan di dalam buku itu.

Nah, mengenai catatan saya di blog, itu semacam tambahan-tambahan kecil atas topik tersebut. Posting itu saya munculkan di sini, karena adanya permintaan seperti yang kamu minta di atas. Saya mengasumsikan kalian sudah membaca buku saya, sehingga saya merasa tidak perlu mengulangi penjelasan yang sudah ada di buku.

Selain itu, saya juga sengaja mengangkat contoh-contoh yang “ringan” dalam topik tersebut, karena—jangan lupa—pembaca blog ini sangat beragam, termasuk anak-anak SMA. Saya ingin contoh-contoh yang saya tampilkan bisa mudah dicerna sekaligus langsung menancap di benak pembaca. Karenanya pula, kalau menginginkan pembahasan yang lebih berat atau lebih mendalam, silakan baca langsung di buku.


 
;