Selasa, 05 April 2011

Circle of Life



Kapan hidup ini akan menjadi lebih sederhana? Tidak akan pernah! Karena itu, hentikan saja keinginan untuk menunggu hidup menjadi lebih sederhana. Mengapa? Karena setiap kali kehidupan menawarkan kemudahan, kita pun meremehkan dan menginginkan yang lebih sukar. “Ah, kalau cuma begini, anak kecil juga bisa! Kalau cuma seperti ini, sambil mata terpejam pun saya sanggup menyelesaikannya!”

Kehidupan menawarkan kesederhanaan, tapi kita menginginkan yang luar biasa.

Ketika hidup terasa lebih baik, penghasilan dari pekerjaan telah memberikan kenyamanan, dan perasaan kita telah tenteram sejenak, kita pun menginginkan untuk menikah, dan cakrawala pemikiran kita lalu berubah, radius keinginan kita bertambah. Kita mulai memikirkan rumah dan kendaraan keluarga.

Saat rumah dan kendaraan telah dimiliki, kita menginginkan rumah yang lebih besar, kendaraan yang lebih bagus, hidup yang lebih mewah. Saat semua itu pun tercapai, pikiran kita tak juga tenang, karena ada hal-hal lain yang menuntut kita untuk juga mencapainya. Dan itu seolah tak pernah selesai, tak pernah berakhir.

Hidup tak akan pernah menjadi lebih sederhana. Kehidupan baru akan menjadi sederhana, kalau kita mau menyederhanakan terlebih dulu pikiran kita.


 
;