Kamis, 05 Mei 2011

Semuanya Membutuhkan Proses



Setiap orang hampir bisa dipastikan kenal dengan pepatah Cina yang mengatakan, “Perjalanan yang paling jauh dimulai dengan satu langkah.”

Pepatah itu telah berumur beribu-ribu tahun, namun kebenarannya tetap berlaku hingga hari ini. Pepatah itu berlaku bagi manusia yang hidup puluhan abad yang lampau, namun tetap sama berlakunya untuk manusia yang hidup hari ini. Perjalanan yang paling jauh dimulai dengan satu langkah.

Apa makna esensialnya? Bahwa tidak ada yang instan di dunia ini. Semuanya membutuhkan proses. Semuanya membutuhkan langkah demi langkah untuk mencapainya.

Perjalanan yang jauh dimulai dengan satu langkah. Kesuksesan yang besar dimulai dengan satu tindakan. Pengetahuan yang luas dimulai dengan satu buku. Kekayaan yang melimpah dimulai dengan beberapa rupiah. Jabatan yang paling tinggi dimulai dengan yang paling rendah. Blog yang hebat dan mengagumkan pun dimulai dengan satu posting.

Semuanya membutuhkan proses, semuanya membutuhkan langkah demi langkah. Namun itu memerlukan langkah yang berkesinambungan. Satu langkah saja tidak cukup, karena satu langkah pertama harus diikuti oleh langkah kedua, ketiga, dan seterusnya. Yang penting, jangan berhenti melangkah, karena hidup yang kita jalani ini pun tak pernah berhenti melangkah.


 
;