Kamis, 02 Juni 2011

“Ingin” dan “Akan”



Pernah memikirkan perbedaan antara dua kalimat, “Saya ingin melakukan hal itu,” dan “Saya akan melakukan hal itu”?

Ada perbedaan yang sangat besar antara berpikir “Saya ingin”, dan berpikir “Saya akan”. Ketika kita berpikir “Saya ingin”, pikiran kita tidak bereaksi apa-apa. Tetapi jika kita berpikir “Saya akan”, maka pikiran kita akan melakukan dua hal yang menakjubkan; pertama, pikiran kita akan memperlihatkan kepada kita bagaimana cara mencapai keinginan itu, dan kedua, berpikir “Saya akan” memberikan energi yang kita perlukan.

Semakin dalam kita menanamkan impian kita di dalam pikiran, semakin pasti pula kita akan mencapai impian itu.

Coba lihat dengan cara ini. Apabila kita berpikir, “Saya akan membuat ide dan gagasan ini terwujud,” maka pikiran kita pun akan mulai memberikan gambaran-gambaran tentang bagaimana cara melaksanakannya. Jika kita berpikir, “Saya akan menyelesaikan kuliah pada satu tahun mendatang,” maka pikiran kita pun akan menunjukkan bagaimana cara agar keinginan itu tercapai.

Bahkan para penulis pun mengakui hal ini. Saya telah bertanya pada banyak kawan yang berprofesi penulis, dan mereka menceritakan bahwa mereka pun kerap kali melakukan hal semacam itu. Jika mereka mengatakan, “Saya akan menulis buku tentang objek itu,” maka pikiran mereka pun segera menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan si objek, memberikan garis besar bagaimana seharusnya buku itu ditulis.

Sekali lagi, ada perbedaan yang sangat besar antara berpikir “Saya ingin” dan berpikir “Saya akan”. Dan... jika kata-kata “Saya ingin” biasanya akan segera dihembus angin dan terlupakan, maka kata-kata “Saya akan” adalah komitmen paling kuat yang dapat dibuat seseorang.


 
;