Jumat, 03 Juni 2011

Mustahil Tanpa Risiko



Seumpama kita ingin melakukan perjalanan bermobil dari Semarang ke Jakarta. Kita tidak mau berangkat sebelum diberikan jaminan seratus persen bahwa tidak akan ada lubang di jalanan, tidak ada rute yang memutar, tidak ada kemacetan, tidak ada gangguan mesin mobil, tidak ada cuaca buruk, tidak ada mobil lain yang berjalan seenaknya, pendeknya tidak ada risiko apa pun. Kapan kira-kira kita akan memulai perjalanan itu? Tidak akan pernah!

Dalam merencanakan suatu perjalanan, adalah bijaksana jika kita memetakan rute yang akan dilalui, memeriksa mobil dengan teliti, dan dengan cara lain menghilangkan risiko sebanyak mungkin sebelum memulai perjalanan itu. Tetapi kita tidak pernah dapat menghilangkan semua risiko.

Begitu pula kehidupan kita ini.

Ujian bagi setiap orang bukanlah kemampuan untuk menghilangkan semua masalah sebelum ia mengambil tindakan, tetapi lebih pada kemampuan untuk menemukan pemecahan bagi kesulitan yang ada ketika ia menemuinya. Dalam hal apa pun yang kita hadapi dalam hidup, selalu saja ada masalah dan persoalan yang menghadang. Tugas kita bukanlah menghindari atau mengutuknya, namun mencari solusi dan jalan untuk menyelesaikannya.


 
;