Jumat, 01 Juli 2011

Gambarkan Rencanamu

Ketika kita sudah sampai pada titik dapat mengetahui apa yang kita inginkan, mengapa kita menginginkannya, siapa yang akan membantu kita, dan banyak hal lain, maka bahan paling penting untuk menentukan apakah kita akan berhasil meraih keinginan itu adalah tindakan kita.

Untuk memandu tindakan, kita harus membuat rencana langkah demi langkah. Kalau kita ingin membuat rumah, apakah kita hanya mengambil kayu, beberapa paku dan sebuah palu, gergaji, lalu mulai bekerja secara asal-asalan? Sepertinya tidak. Untuk membangun rumah, kita perlu gambar rencananya (blue print, atau cetak biru). Kita perlu urutan kerja dan suatu kerangka sehingga tindakan-tindakan kita saling melengkapi dan mendukung, sekaligus terarah. Kalau tidak, kita hanya akan menghasilkan tumpukan papan tak beraturan.

Sama halnya dengan hidup kita. Karena itulah, kita perlu rencana dan gambaran yang jelas mengenai hidup seperti apa yang ingin kita bangun, dan kemudian memulainya dengan langkah demi langkah menuju arah pembangunannya. 
 
 
;