Senin, 25 Juli 2011

Naungan Sejuk Keteduhan



Perjalanan hidup yang terkadang begitu berat dan melelahkan ini sering kali menyadarkan kita akan arti pentingnya kehadiran orang lain. Keberadaan sahabat di sekeliling kita bisa memberikan motivasi saat kita mulai menyerah, meringankan beban batin saat kita dirundung duka, serta melengkapi kebahagiaan saat kita meraih cita-cita.

Begitu pentingnya orang lain dan arti persahabatan ini, sampai-sampai Samuel Johnson menyatakan, “Saya menganggap hari dimana saya tak berhasil membina suatu persahabatan baru sebagai hari yang hilang percuma… dan membiarkan persahabatan mati serta mendiamkannya jelas tidak bijaksana. Itu berarti dengan sengaja kita membuang satu hal yang sebenarnya bisa merupakan hiburan dalam perjalanan hidup yang meletihkan ini.”

Karena besarnya makna persahabatan pula yang membuat Kahlil Gibran menulis dalam salah satu prosa puitisnya, “Persahabatan adalah pemenuhan kebutuhan jiwa. Ladang hati yang dengan kasih kalian taburi dan kalian pungut buahnya dengan penuh rasa terima kasih. Naungan sejuk keteduhan, api unggun kehangatan jiwa. Karena kalian menghampiri di kala hati gersang kelaparan, dan mencarinya di kala jiwa perlu kedamaian.”

Jadilah sahabatku.


 
;