Minggu, 20 Desember 2009

Cara Mengalahkan Rasa Bosan



Sungguh jarang orang yang menjadi gagal karena tugas yang terlalu sulit. Mereka biasanya gagal karena dikalahkan oleh kebosanan, kemonotonan, dan kejemuan yang diperlukan untuk kerja jangka panjang. Karenanya, jauh-jauh hari, filsuf Ralph Waldo Emerson mengatakan, “Tidak ada yang menjadi besar tanpa semangat yang besar.”

Semangat yang besar itulah yang sering kali bisa digunakan untuk melawan rasa bosan ketika ia datang, atau suasana monoton dan menjemukan saat mereka menghadang. Tanpa semangat yang besar, yang menggebu-gebu, semua pencapaian akan berhenti di tengah jalan.

Sebenarnya, rasa bosan, rasa jemu, bahkan perasaan monoton, sering kali datang saat kita bergerak menuju apa yang kita cita-citakan. Perjalanan ke sana membutuhkan proses, dan proses itu terkadang memberikan saat-saat yang membosankan seperti itu. Tetapi, bukankah banyak hal baik yang dilakukan meski itu mengandung saat membosankan?

Belajar setiap hari itu menjemukan, bekerja setiap hari itu membosankan. Tetapi bukankah pada akhirnya kita mengetahui dan menyadari bahwa dengan belajar kita bisa tahu apa yang harus kita kerjakan, dan dengan bekerja kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik?


 
;