Rabu, 24 Agustus 2011

Cara Mudah untuk Efektif

Pernahkah mendengar eksperimen batu besar? Ambillah sebuah ember dan isilah separuhnya dengan kerikil, lalu cobalah masukkan batu-batu besar ke dalamnya, di atas kerikil-kerikil tadi. Apa yang kita lihat? Batu-batu besar itu tak bisa masuk semuanya.

Sekarang kosongkan lagi embernya dan mulai lagi dari awal. Kali ini, masukkan dulu batu-batu besarnya, baru kerikilnya. Kita lihat, kerikil-kerikil itu bisa masuk semuanya, meski terkadang menyelip-nyelip di sela-sela batu yang besar. Tapi kali ini semuanya masuk. Apa bedanya? Perbedaannya ada pada urutan masuknya.

Ketika menyusun daftar jadwal harian atau mingguan, kita harus memprioritaskan pekerjaan-pekerjaan yang besar dan penting terlebih dulu sebelum mempertimbangkan pekerjaan lain yang kecil dan sepele.

Hal-hal kecil dan sepele semacam menonton teve, membaca koran, main game atau menerima telepon, bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan kita yang penting, karena semua itu bisa menyelip-nyelip di tengah pekerjaan besar kita.

Metode ini akan membantu kita dalam hal efektivitas waktu, dan tetap menjaga kita agar tidak menyimpang dari jalur yang akan mengantarkan kita pada tujuan yang kita impikan.

 
;