Senin, 19 September 2011

Jika Memang Harus Dilakukan, Lakukanlah Segera

Theodore Roosevelt dicatat oleh sejarah sebagai salah satu orang besar di dunia. Salah satu ucapannya yang mengilhami adalah, “Tidak ada yang brilian atau hebat dalam tindakan saya, kecuali mungkin satu hal; saya melakukan hal-hal yang saya yakin harus dilakukan, dan ketika saya memutuskan untuk melakukan sesuatu, saya segera bertindak!”

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah sering mendengar orang yang menunda-nunda mengerjakan segala sesuatu yang penting dalam hidupnya. Penundaan-penundaan itu sering kali terkesan wajar, tetapi itu sebenarnya membunuh potensi yang seharusnya sudah berkembang. Tragisnya, potensi besar yang seharusnya hadir di dunia itu pun kemudian tak berguna apa-apa, karena akhirnya ikut mati dan terkubur bersama pemiliknya.

Kita sering mendengar orang yang mengatakan, “Besok akan kulakukan.” Apa artinya itu? Besok memiliki kesibukannya sendiri, maka mereka pun berkata, “Besoknya lagi, deh.” Dan besoknya lagi ada hal-hal lain yang ternyata lebih penting, maka mereka menunda lagi, “Mungkin lusa.”

Dan hari-hari pun berlalu, waktu berpacu. Saat ketika mereka kemudian menyadari bahwa ada begitu banyak hari yang telah hilang, mereka meninjau apa yang sudah dilaluinya, dan mereka pun kemudian menyesali waktu yang telah berlalu.

Kerjakanlah segala sesuatunya hari ini, karena besok kita tak kan punya waktu lagi.

 
;