Senin, 19 September 2011

Keluar dari Kebutaan

Berabad-abad yang lalu, Newton menyatakan bahwa semua benda memiliki realitas yang tak berubah dan tetap. Tetapi kini, dalam fisika kuantum dan prinsip ketidakpastian Heisenberg, prinsipnya menjadi berbeda; sifat benda sesungguhnya berubah tergantung sudut pengamatan.

Kalau tiga orang buta disuruh mengenal gajah, mungkin pendapat mereka akan berbeda-beda. Orang buta yang kebetulan memegang kaki gajah akan mengatakan gajah seperti pohon kelapa. Orang yang memegang telinganya akan mengatakan gajah seperti kipas yang tebal. Orang yang kebetulan memegang ekornya akan mengatakan gajah seperti cemeti. Padahal gajah bukanlah seperti itu, meski punya unsur-unsur seperti itu.

Apa maksudnya? Kita tidak bisa menilai seseorang, suatu situasi atau keadaan secara bagian per bagian. Untuk bisa memahami sesuatu, kita harus mengenalinya secara menyeluruh sebelum menilai. Untuk objektif, pikiran tidak boleh terkotak-kotakkan oleh bagian-bagian tertentu saja yang kita kenal, karena sering kali “itu bukanlah seperti itu, meski itu memiliki unsur seperti itu”.

 
;