Senin, 12 September 2011

Menurut Saya...

Menurut saya, satu ditambah satu sama dengan dua.

Itu menurut saya, karena begitulah yang saya tahu, karena begitulah yang diajarkan pada saya sejak kecil. Jadi saya pun berpikir satu ditambah satu sama dengan dua. Kalau kau setuju, silakan saja. Tapi kalau kau tidak setuju ya tidak apa-apa, karena pikiran manusia memang kadang berbeda. Sekali lagi, itu tidak apa-apa, jadi nyantai saja.

Menurut saya, dua ditambah satu sama dengan tiga.

Itu menurut saya, karena pengetahuan saya baru sebatas itu. Kalau mungkin kau lebih pintar dari saya dan menemukan jawaban lain, ya silakan saja. Kalau menurutmu dua tambah satu sama dengan tujuh puluh sembilan, ya silakan. Tapi kau tidak perlu marah-marah pada saya, apalagi sampai menuduh saya macam-macam.

Ini blog saya, dan tentunya saya bebas menulis apa saja sesuai kapasitas pikiran saya. Kalau tidak setuju dengan pikiran saya, tidak usah pusing! Cari dan baca saja blog lain yang sesuai dengan pikiranmu. Jadi, kalau saya pikir satu tambah dua sama dengan tiga, dan kau tidak setuju dengan saya, tidak perlu ngambek atau ngamuk-ngamuk!

Menurut saya, tiga tambah dua sama dengan lima.

Itu menurut saya. Kalau kau berpikir tiga tambah dua sama dengan empat puluh sembilan, itu urusanmu. Saya tidak akan buang-buang waktu untuk menyalahkanmu, jadi kau tidak perlu repot-repot menyalahkan saya. Kalau kau berpikir saya keliru, maka saya berpikir jangan-jangan kau yang keliru. Jadi yakini saja hitunganmu sebagaimana saya meyakini hitungan saya.

Menurut saya, lima tambah satu sama dengan enam.

Itu menurut saya. Kalau kau berpikir satu tambah lima sama dengan sembilan puluh empat, ya tidak apa-apa. Saya tidak akan berhenti hidup hanya karena berbeda denganmu.

Jadi kau tidak perlu menangis apalagi marah-marah. Begitu pun, kau tidak perlu buang-buang waktu untuk menunjukkan bahwa kau benar dan saya salah, karena yang benar menurutmu belum tentu benar menurut saya. Begitu pun, yang benar menurut saya belum tentu benar menurut orang lainnya. Jadi nyantai saja.

Menurut saya, empat ditambah satu sama dengan lima.

Itu menurut saya. Kalau menurutmu empat ditambah satu sama dengan tujuh ratus tiga puluh, ya silakan saja. Manusia diciptakan berbeda, jadi tidak perlu ngotot kita harus sama. Meminjam istilah almarhum Gus Dur, “Gitu aja kok repot!”

 
;