Rabu, 24 Agustus 2011

Prinsip Energi

Ambillah sekotak balok es bertemperatur 50 derajat Celsius di bawah nol, kemudian panaskan. Selama beberapa saat, tak terjadi apa-apa. Energi bertambah banyak walau wujudnya tidak tampak. Tiba-tiba pada suhu nol derajat, es pun mencair menjadi air. Panaskanlah lagi. Lagi-lagi, energi bertambah banyak. Pada suhu sekitar seratus derajat Celsius, terjadi gelombang dan uap. Air mendidih!

Prinsipnya? Energi dapat berpindah ke suatu benda (es, karir, hubungan, pekerjaan, dan lain-lain) meskipun sepertinya tidak ada yang terjadi. Tetapi kenyataannya, energi yang kita keluarkan selalu menghasilkan perubahan, walaupun perubahan itu tidak langsung tampak dengan jelas.

Ketika kita menyelesaikan pekerjaan demi pekerjaan, hasilnya memang tidak langsung tampak. Ketika kita mempererat hubungan dengan orang lain, memang efeknya tidak akan langsung spontan. Tetapi teruskanlah memindahkan energi, dan kita akan mendapati perubahan, menghasilkan kemajuan.

Kita akan menemukan betapa pekerjaan yang telah kita selesaikan begitu banyak dan karir cemerlang telah hadir di depan mata. Kita akan menemukan sebuah persahabatan yang baik, hubungan dengan orang lain yang erat, dan kehidupan pun akan terasa lebih indah.

 
;