Jumat, 17 Februari 2012

Dewi Fortuna Hanya Datang Sesekali

Pada umumnya, orang bukan berusaha mengubah dunia untuk memenuhi impian mereka, melainkan justru membatasi impian mereka sesuai ‘kesusahan’ dunia. Banyak orang mengatakan bahwa mencapai kesuksesan pada masa sekarang sudah sangat sulit, bahwa mencari uang pada masa sekarang lebih susah dibanding masa lalu.

Mereka bahkan meyakini hal itu dengan mengajukan sederet fakta-fakta. Dan kemudian mereka pun memilih diam, menjadi pasif, dan sangat yakin bahwa usaha apa pun yang akan mereka lakukan hanya akan sia-sia.

Mereka lalu menunggu keajaiban. Mereka menanti datangnya dewi fortuna. Mereka menjadi pemimpi apatis, yang bila impian tak tercapai, mereka akan semakin yakin bahwa hidup memang susah. Dan apabila impian berhasil tercapai, mereka pun masih meyakini bahwa keberhasilan itu karena keberuntungan dari dewi fortuna semata.

Barangkali keajaiban atau hoki dan dewi fortuna itu memang sekali-kali datang mengunjungi. Tetapi apakah kemudian kita harus menjalani hidup hanya dengan menantikan dan mengandalkan semua yang tak pasti itu...? Alangkah malangnya kehidupan bila hanya diisi dengan hal-hal semacam itu.

 
;