Minggu, 09 Juni 2013

Tiga Ratus Juta Pertanyaan di Yahoo! Answer

Aku belajar untuk mendengarkan apa yang dikatakan,
bukan siapa yang mengatakan.
@noffret 


Yahoo! Answer, salah satu “anak situs” Yahoo!, dilahirkan pada 28 Juni 2005. Sebagaimana namanya, Yahoo! Answer dibuat untuk mewadahi pertanyaan dan jawaban dari siapa saja. Berbeda dengan “anak situs” lain semisal Yahoo! Messenger yang ditujukan untuk chatting dan ngobrol apa saja, Yahoo! Answer murni untuk tanya jawab. Tidak ada “obrolan sia-sia” di Yahoo! Answer, selain lemparan pertanyaan dan tanggapan jawaban.

Dua tahun setelah dilahirkan, pada 2007, Yahoo! Answer berbahasa Indonesia muncul, sehingga para pengguna di Indonesia bisa lebih enjoy menggunakannya—khususnya bagi yang masih kesulitan berbahasa Inggris. Sekarang, Yahoo! Answer memiliki 12 bahasa dan digunakan di 26 negara, dengan total pengguna lebih dari 180 juta orang. Ketika era ponsel memasuki dunia web, Yahoo! Answer juga mulai bisa diakses lewat ponsel pada 2010.

Nah, satu tahun yang lalu, pada Juni 2012, Yahoo! Answer telah memiliki 300.000.000 (tiga ratus juta) pertanyaan. Itu jumlah yang lebih banyak dibanding penduduk Indonesia Raya.

Statistik di Yahoo! Answer secara internasional bahkan menunjukkan sesuatu yang lebih mencengangkan. Secara rata-rata, ada 2 pertanyaan yang diajukan dan 6 jawaban yang diberikan dalam setiap detik. Itu artinya, di portal Yahoo! Answer terdapat 7.000 pertanyaan dan 21.000 jawaban yang berlangsung setiap jam!

Kelahiran dan keberadaan Yahoo! Answer adalah salah satu revolusi dalam bidang ilmu pengetahuan. Seratus tahun atau bahkan lima puluh tahun yang lalu, orang harus pergi jauh mencari guru untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang tepat. Sekarang, melalui Yahoo! Answer, orang hanya perlu melemparkan pertanyaan, dan forum di sana akan dengan senang hati memberikan jawaban.

Meski berbentuk forum, para pengguna Yahoo! Answer terikat oleh peraturan yang ketat, sehingga jawaban yang diberikan pun relatif akurat. Salah satu aturan dalam memberikan jawaban di sana adalah harus mencantumkan sumber yang jelas. Karena tingkat akurasinya yang layak dipercaya itu pula yang menjadikan Yahoo! Answer tidak hanya digunakan para pengguna forumnya, namun juga dijadikan referensi para pengguna internet secara luas.

Yang unik, para anggota forum Yahoo! Answer tidak hanya para profesional di bidangnya, namun juga orang biasa atau orang awam. Karenanya, pertanyaan-pertanyaan yang muncul di portal itu pun tidak selalu pertanyaan “tingkat tinggi” yang bikin jidat berkerut, tapi bisa pula pertanyaan-pertanyaan pribadi seputar pacar yang kadang bikin tersenyum. Untuk pertanyaan-pertanyaan pribadi semacam itu, jawaban yang muncul pun biasanya berdasarkan pengalaman pribadi.

Dan di situlah menariknya. Berbeda dengan forum-forum lain yang materi pembicaraannya kadang “ngalor-ngidul” tidak jelas, materi di Yahoo! Answer benar-benar terfokus, meski kadang juga bikin tersenyum karena ada pertanyaan dan jawaban yang aneh atau lucu. Pertanyaan-pertanyaan tak terbayangkan bisa muncul sewaktu-waktu di portal itu, dan jawaban-jawaban yang tak kalah mencengangkan juga bisa muncul untuk menanggapinya.

Yang lebih unik, kadang-kadang muncul jawaban yang sangat dilematis. Seperti kita tahu, Yahoo! Answer menggunakan sistem voting untuk memilih jawaban yang benar atau akurat. Jawaban mana pun yang mendapatkan pilihan terbanyak dalam voting akan dianggap sebagai jawaban terbaik, terbenar, dan terakurat. Secara logika, cara tersebut memang dapat digunakan, khususnya dalam sebuah forum. Namun kadang tidak seratus persen tepat.

Misalnya, seseorang melemparkan pertanyaan di Yahoo! Answer, “Berapa jumlah dua ditambah dua?”

Seorang anggota forum, si A, menanggapi, “Jawabannya empat.”
 
Kemudian, anggota forum lain, si B, memberikan jawaban lain, “Jawabannya sebelas.”

Ada dua jawaban di sini. Si penanya tidak tahu mana jawaban yang benar, dan tidak mampu memilih jawaban yang dianggapnya terbaik. Ketika dilakukan voting, jawaban si B mendapatkan lebih banyak dukungan. Ketika hal semacam itu terjadi, maka muncullah fenomena yang dalam filsafat disebut “dilema kebenaran”. Secara ilmiah, jawaban si A benar, tapi tidak ada yang mendukung. Sementara jawaban si B salah, tapi didukung banyak orang.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi hal semacam itu?

Tak perlu khawatir, jika hal semacam itu terjadi di Yahoo! Answer. Karena, ketika kenyataan yang membingungkan semacam itu benar-benar terjadi, maka bocah-bocah pintar yang menjadi pengurus atau admin portal itu akan segera turun tangan menyelesaikannya. Jika mereka juga tidak bisa menentukan jawaban yang benar, maka mereka akan mencari Socrates, Plato, Isaac Newton, Einstein, atau bahkan Niethcze, untuk dimintai pencerahannya. (Oke, untuk kalimat terakhir itu saya lebay!).

Well, seperti yang tadi disebutkan, keberadaan Yahoo! Answer telah ikut merevolusi dunia pengetahuan. Melalui portal tanya-jawab itu, pengetahuan tidak lagi menjadi monopoli segelintir orang, tapi juga bisa dimiliki siapa pun, khususnya yang mau bertanya dan belajar. Yahoo! Answer menghidupkan kembali semangat penting itu, yaitu semangat bertanya dan belajar, yang menjadi spirit paling penting—bahkan paling agung—dalam jiwa manusia, dalam menjalani kehidupannya.

Dalam Yahoo! Answer, siapa pun bisa bertanya, dan siapa pun bisa menjawab. Pertanyaan dan jawaban itu diikat oleh aturan yang telah ditetapkan, sehingga masing-masingnya memiliki tanggung jawab. Dalam aturan yang diharapkan “ideal” semacam itu, gelombang ilmu pengetahuan terus mengalir setiap waktu, setiap hari, bahkan setiap jam dan setiap detik, hingga terkumpul jutaan pertanyaan dan jawabannya—transaksi hening antara pemberi dan penerima.

Peradaban dan kemajuan umat manusia dibangun oleh majunya ilmu pengetahuan. Majunya ilmu pengetahuan disokong oleh orang-orang yang mau belajar. Dan orang-orang yang mau belajar hanya terlahir ketika telah mengenal kerendahan hati. Orang paling sombong di dunia adalah orang yang merasa dirinya telah pintar, sehingga malas dan tak mau belajar. Orang paling angkuh di muka bumi adalah orang yang merasa dirinya telah tahu segalanya, sehingga enggan dan tak mau bertanya.

Hanya orang-orang rendah hati yang mau belajar. Mereka mau menyadari bahwa dirinya masih bodoh, belum tahu apa-apa, sehingga mereka pun rajin belajar dan tak malu bertanya. Hanya orang-orang rendah hati yang mau menyadari dan mengakui bahwa kebenaran dan kesejatian bukan barang instan yang mudah didapatkan, tapi sebuah pencarian yang membutuhkan proses panjang. Hanya orang-orang rendah hati yang mau menempuh jalan sunyi, tanpa ribut-ribut, untuk memeluk pengetahuan.

Begitu pun, hanya orang-orang rendah hati yang mau membagikan ilmunya tanpa pamrih, karena menyadari bahwa ia pun terlahir bersama kebodohan dan ketelanjangan. Hanya orang-orang rendah hati yang mau berbagi pengetahuan dengan sesamanya, karena memahami bahwa Bumi akan menjadi tempat yang lebih baik jika kebodohan dan keterbelakangan terus berkurang.

Hanya orang-orang rendah hati yang mau terus belajar, karena menyadari untuk tujuan itulah setiap manusia diciptakan. Dan... satu-satunya materi di dunia ini yang tidak pernah habis, bahkan semakin bertambah ketika dibagikan, hanyalah ilmu pengetahuan.

Orang-orang di Yahoo! Answer melakukan itu. Setiap hari, batu bata peradaban umat manusia diletakkan di sana.

 
;